DepokBagus.com
Ragam Depok

Abuya Abdurrahman Nawi: Dakwah Jadi Semangatnya Sampai Akhir Hayat

DEPOKBAGUS.COM, Berpulangnya Abuya KH Abdurrahman Nawi membawa duka bagi kalangan muslim di Kota Depok bahkan Jabotabek, Selasa (19/11/19).

Suasana pagi itu begitu menyejukkan sebelum ribuan rombongan pelayat menyambangi rumah duka dikediaman Abuya Pondok Pesantren Al-Awwabin, Depok.

Dari kejauhan tampak sosok wanita muda berpakaian putih tersimpuh di depan pekarangan Masjid, ia adalah putri sulung dari ulama kharismatik Betawi itu.

Wanita itu bercerita sambil menahan tangis bahwa begitu banyak kebaikan didalam sosok almarhum abahnya yang tidak bisa dilupakan.

“Abah adalah seorang ayah sekaligus guru bagi kami anak-anaknya, abah selalu menekankan untuk tidak menyakiti siapapun, dan memberikan kedamaian kepada siapapun,” ungkap putri sulung Almarhum, Diana Rahman.

Pagi semakin terang, rombongan pelayat semakin berdatangan memenuhi pekarangan sekitar rumah duka. Sosok perempuan muda itu bergumam dengan airmata yang berjatuhan.

Tangisan itu adalah doa-doa yang diucapkan dari seorang anak agar sang Abuya berpulang dengan tenang.

Ia mengingat detik-detik sebelum Abuya meninggal, dalam kondisi kurang sehat Abuya harus dirawat di RS Bakti Yudha, Depok. Fikiran Abuya tak bisa lepas dari Pesantrennya Al-Awwabin.

“Abuya rindu pesantren, rindu rumah, dan ingin pulang pagi itu, sebelum akhirnya beliau wafat pada siang sekitar pukul 13:35 WIB, Senin (18/11/19),” sambil tersendak-sendak ia bercerita.

Terdengar sayup-sayup suara doa yang menggema di pesantren itu. Semakin dekat didengarkan, semakin menyejukkan. Seolah-olah doa-doa yang dilantunkan menghapus semua kesedihan yang ada.

Pagi semakin tampak, banyak rombongan mulai berdatangan. Hari itu, jenazah Abuya harus segera dikebumikan.

Momen seperti ini tak banyak bisa kita temui dalam proses pemakaman orang biasa. Abuya begitu lekat dengan masyarakat depok. Tepat pada jam 09.00 WIB jenazah abuya dimakamkan di Pesantren Al-Awwabin, Bedahan, Depok.

“Semoga dakwah-dakwah Abuya memberi suri tauladan bagi anak-anak muda dan mampu melahirkan pendakwah-pendakwa baru untuk umat, untuk Indonesia,”

Related posts