DepokBagus.com
Ragam Depok

Daripada Urus Valentine, Pengamat Sarankan Pemkot Depok Kerja Substansial

DEPOKBAGUS.COM, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pendidikan (Disdik) mengeluarkan surat edaran terkait pelarangan bagi pelajar merayakan hari Valentine.

Dalam surat edaran nomor 421/937/Feb/SMP/2020 tersebut dijelaskan, surat edaran itu ditujukan sebagai upaya Pemkot dalam membangun karakter peserta didik yang berakhlak mulia serta menjaga peserta didik dari kegiatan yang bertentangan sosial dan budaya.

Menyikapi kebijakan tersebut, pemerhati sosial kota Depok, Paring Waluyo berpendapat pelarangan kreativitas melalui surat edaran institusi pemerintah merupakan cara kekuasaan membungkam mimpi anak muda.

“Pemerintahan seperti itu biasanya penuh kebobrokan,” tegas Paring dihubungi di Depok, Kamis (13/02/20).

Menurutnya, jika kepala daerah atau pemerintah daerah (pemda) itu benar-benar kerja maksimal, tak ada waktu mengurusi hal-hal yang remeh temeh seperti valentine.

Sebaliknya, lanjut Paring, energi dan pikirannya akan terfokus pada berbagai kerja-kerja substansial seperti menempatkan Depok secara pas sebagai penyangga ibukota yang berkonsekuensi pada arus migrasi penduduk.

Hal itu implikasinya banyak, seperti soal perumahan, infrastruktur kawasan, pelayanan dasar, administrasi kota.

“Bahkan sampai urusan mitigasi dampak sosial, seperti gelandangan, kriminalitas, pengangguran, kemiskinan, sampai-sampai bencana lingkungan (banjir),” tegasnya.

Paring optimistis, apabila effort Pemda diarahkan ke sana, urusan Pemda akan jauh lebih punya makna.[]

Related posts