DepokBagus.com
Ragam Depok

Hendrik Tangke Allo Nilai Pemkot Depok Belum Adil Terhadap Kaum Minoritas

DEPOKBAGUS.COM, Wakil Ketua DPRD Kota Depok, Hendrik Tangke Allo mengatakan ada ketidakadilan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Depok terhadap kaum minoritas dalam menyikapi semangat kebangsaan.

Hal itu disampaikan Hendrik saat berbicara dalam seminar kebangsaan “Pancasila dan Tantangan Kebangsaan Indonesia Kini” di gedung Gema Kasih, Depok, Sabtu (30/11/19).

“Hal yang simpel saja, saya melihat ketika bicara politik anggaran, kebijakan anggaran Pemkot yang masuk ke DPRD jarang ada keberpihakan kepada minoritas. Saya tidak bicara Kristen ya, disitu ada Katolik, Budha, Konghucu,” kata Hendrik.

Berdasarkan pengamalamannya sebagai ketua DPRD lima tahun lalu, Hendrik menyampaikan dirinya tidak pernah melihat Pemerintah Kota Depok mengakomodir kepentingan-kepentingan saudara-saudara minoritas.

“Kami anggota DPRD bersikeras bahwa semua harus mendapatkan hak yang sama sebagai warga negara,” tegasnya.

Hendrik menjelaskan, semua warga Depok berhak memperoleh keadilan. Pasalnya, APBD, PAD Kota Depok sumbernya bukan hanya dari warga Muslim, tapi seluruh anak bangsa yang ada di Kota Depok ikut bayar pajak.

“Maka harus dikembalikan kepada masyarakat tanpa melihat suku, agama, latar belakang apa,” katanya.

Hendrik juga mengapresiasi panitia yang telah melaksanakan seminar kebangsaan. Ia berpesan agar tetap menjaga silaturahmi antar umat, antar agama, antar suku dan ras.

“Ayo membuka diri, kita juga jangan terlalu sombong dengan keberadaan kita. Kita tetap jalin komunikasi, ini satu satunya cara untuk tetap menjaga kekompakan,” pungkasnya.

Selain Hendrik Tangke Allo, narasumber lain yang berbicara dalam seminar nasional antara lain, Anis Hidayah (aktivis HAM), Pdt. Jacky Manuputty (Sekretaris PGI), Pdt. Sylvana Maria Apituley (tenaga ahli utama staf kepresidenan), dan K.H. Zaenuddin (tokoh NU Kota Depok).[]

Related posts