DepokBagus.com
Ragam Depok

Kemenag Depok Persilakan Jamaah Haji Mengambil Uang Pelunasan

DEPOKBAGUS.COM, Sebanyak 1.689 calon haji (Calhaj) asal Kota Depok gagal berangkat ke Tanah Suci Mekkah. Hal tersebut setelah Kementerian Agama Republik Indonesia mengumumkan pembatalan Keberangkatan jamaah haji tahun 2020.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok Asmawi mengatakan dari 1.689 jamaah yang sudah terdaftar untuk berangkat haji tahun ini, baru 1.646 jamaah yang melunasi biaya haji.

“Artinya sudah 99 persen yang sudah melakukan pembayaran atau pelunas. Namun karena pandemik Covid-19 sehingga tidak jadi berangkat maka kami mempersilahkan bagi jamaah yang ingin mengambil uangnya kembali kami persilahkan,” ujarnya saat dihubungi, Rabu (3/6).

Dikatakan Asmawi pengambilan uang hanya uang pelunasannya saja, sedangkan uang pokok sebesar Rp25 juta tidak bisa diambil.

“Kalau pokoknya mau diambil juga tidak masalah. Tapi jamaah tidak bisa berangkat tahun depan, dan mengulang kembali ke tahap awal,” Katanya.

Sementara itu pembatalan keberangkatan jamaah haji tahun 2020 disebabkan karena belum ada pengumuman resmi dari pemerintah Arab Saudi apakah ibadah haji tetap dilaksanakan atau tidak.

“Sehingga hal tersebut yang membuat kementerian Agama Republik Indonesia membatalkan keberangkatan jamaah haji karena belum jelas apakah bisa atau tidak,”ujarnya.

Menurutnya jika pun Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan keputusan tetap melaksanakan ibadah haji tahu ini. Jamaah haji Indonesia tetap tidak bisa berangkat. Sebab banyak faktor yang harus dilakukan salah satunya karantina mandiri sebelum berangkat.

“Seharusnya tanggal 25 Juni ini sudah berangkat kalau normalnya. Nah dengan keadaan sekarang agak sulit karena visa juga belum keluar, kemudian koper juga harus dikeluarkan oleh pihak maskapai penerbangan,”katanya.[]