DepokBagus.com
Community

KNPI Depok Minta Pemkot Depok Matangkan Rencana Pemotongan Gaji ASN Untuk Tanggulangi Corona

DEPOKBAGUS.COM, Wakil Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Depok Suryadi mengatakan pemerintah Kota Depok harus melakukan perencanaan yang matang untuk memotong gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam rangka menanggulangi wabah virus Corona.

Menurut Suryadi tidak semua ASN memperoleh gaji yang sama, bahkan ada yang gajinya tidak mencukupi untuk kehidupnya sehari-hari.

“Silahkan saja dipotong, akan tetapi direncanakan terlebih dahulu, berapa potongannya atau berapa jumlah besaran potongannya, dialokasikan untuk apa saja dan lembaga resmi mana yang ditunjuk untuk pengawasan dan distribusinya,” kata Suryadi ketika dikonfirmasi, Jumat (3/4).

Suryadi mengatakan dengan melihat situasi dan kondisi saat ini Pemerintah Kota Depok harus berhati-hati agar tidak ada kesalahan dalam menetapkan sebuah kebijakan.

“Langkah tersebut harus jelas, jangan hanya menjadi sebuah kebijakan-kebijakan yang merugikan ASN,” katanya.

Untuk menghindari ketimpangan, Suryadi mengatakan Pemkot Depok sebaiknya tidak melakukan pemotongan gaji ASN melainkan meminta ASN untuk menyisihkan gajinya untuk membantu penanggulangan virus Corona (Covid-19).

“Mereka pasti akan berpatisipasi untuk menekan penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Kota Depok,”katanya.

“Pemberian sukarela tersebut bisa dihimpun melalui lembaga Korpri atau lembaga lainnya yang ditunjuk Pemerintahan Kota Depok dan bisa bertanggung jawab terkait pengelolaan dana tersebut,” tambahnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Kota Depok merupakan Kota di Jawa Barat yang pertama kali menanggapi surat edaran Gubernur Jawa Barat terkait pemotongan Gaji ASN untuk menanggulangi penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Wilayah Jawa Barat.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kota Depok Dadang Wihana mengatakan seluruh dana gaji ASN dipotong di Kota Depok nantinya akan disalurkan dalam penanganan Covid-19.

“Potongan gaji yang telah terkumpul akan dialokasikan untuk tim medis kesehatan, keluarga almarhum yang positif Covid-19 dan lainnya,”katanya.[]

Related posts