Politik

Media Asing Beritakan Pembebasan Eks-Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama


AKURAT.CO, Hari ini (24/1) mantan gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama bebas setelah menjalani hukuman penjara selama dua tahun akibat kasus penistaan agama. Pria yang kini minta disapa BTP tersebut keluar dari Mako Brimob pada pukul 07:30 WIB dijemput oleh putranya, Nicholas Sean Purnama dan satu orang stafya. 

Bebasnya BTP disambut pendukungnya dan sebagian besar netizen, media sosial diramaikan dengan tagar #WelcomeBackBTP dan #BTPPulang.

Pasca bebas, banyak rumor beredar tentang sang eks-gubernur mulai dari keinginan menjadi vlogger, hingga menikah dengan seorang polwan.

Pembebasan Ahok tidak hanya ramai diberitakan di media domestik, namun juga media internasional. Media Inggris BBC misalnya, menuliskan berita dengan judul “Ahok: Former Jakarta Governor Released Early From Prison” (Ahok: Mantan Gubernur Jakarta Bebas Dari Penjara Pagi Ini).

Dalam beritanya, BBC menyebut BTP dipenjara karena beredarnya video editan saat ia mengutip ayat Al-Quran dalam pidatonya. BBC juga menuliskan bahwa pemenjaraan BTP memecah persatuan masyarakat.

Sedangkan media Singapura The Strait Times memberitakan pembebasan BTP dengan judul “Former Jakarta Governor Released From Jail” (Mantan Gubernur Jakarta Bebas Dari Penjara). The Strait Times menuliskan bahwa pendukung BTP menyambutnya dengan menyanyi “BTP Bebas, Merdeka !”.

Dituliskan pula bahwa ada seorang pendukung BTP bernama Hesti Iriani yang melakukan perjalanan jauh dari Yogyakarta ke Mako Brimob Depok untuk menyaksikan pembebasan BTP.

Media lainnya yang turut memberitakan adalah South China Morning Post dengan judul “Ex-Jakarta Governor Ahok: Out of Jail and Into Arms of Ex-Wife’s Bodyguard” (Mantan Gubernur Jakarta Ahok: Keluar dari Penjara dan Ke Pelukan Pengawal Mantan Istrinya). SCMP menuliskan bahwa BTP akan menikahi polwan bernama Puput Nastiti Devi yang merupakan pengawal mantan istrinya, Veronica Tan. []

baca juga:



Source link