DepokBagus.com
Ragam Depok

Peringatan 100 Tahun Gedung FKUI, Menristek/BRIN Dorong FKUI Cetak Startup Bidang Kesehatan

DEPOKBAGUS.COM, Menristek/Kepala BRIN Bambang P.S Brodjonegoro mengapresiasi kerja keras Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) terutama di bidang alat kesehatan dan terapi.

Hal tersebut disampaikan Bambang dalam acara peringatan 100 tahun berdirinya Gedung FKUI Kampus Salemba melalui webinar, Kamis (30/7).

Kegiatan tersebut membahas secara lengkap mengenai pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di FKUI berkolaborasi dengan Indonesia Medical Education and Research Institute (IMERI).

Pada kesempatan itu, Bambang menyampaikan saat ini semakin banyak perguruan tinggi yang terlibat menjadi produsen invensi dan inovasi dengan menyesuaikan fakultas yang dimiliki.

“Seperti contohnya UI yang memiliki Fakultas Farmasi, praktis telah terlibat berkontribusi pada pengembangan farmasi negeri. Untuk kemajuan dan kemandirian bangsa, maka dibutuhkan kolaborasi lintas ilmu agar dapat memenuhi industri alkes dan obat-obatan di Indonesia,” kata Bambang dalam keterangan tertulis, Jumat (31/7).

Bambang menyebutkan fokus riset kesehatan pada Program Riset dan Inovasi Nasional 2020-2024 yaitu Teknologi produksi sediaan obat (berbasis bahan baku alam) dan bahan baku obat dalam negeri untuk penguatan industri farmasi nasional.

“Serta alat dan instrumentasi kesehatan produksi dalam negeri, Pengobatan presisi/akurat berbasis genom dan sel puncak untuk mengatasi masalah perubahan demografi,” katanya.

Pada kesempatan itu, Bambang juga mendorong mahasiswa maupun lulusan FKUI untuk mencetak startup di bidang biotek/kesehatan/alat kesehatan.

“Hal itu guna mempercepat ekosistem kemandirian kesehatan dalam negeri,” tandasnya.[]

Related posts