DepokBagus.com
Ragam Depok

Pradi Supriatna Terima Cinderamata Unik dan Penuh Makna dari Relawan di Bedahan

DEPOKBAGUS.COM, Ada yang menarik dalam kegiatan deklarasi dan pembekalan koordinator relawan CS Pradi-Afifah di Jalan Sukatani, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jumat (23/10/20) sore.

Pasalnya, Ketua CS Pradi-Afifah, Armedi Tanjung memberikan sebuah cinderamata yang unik dan penuh makna kepada calon wali kota nomor urut 1, Pradi Supriatna.

Cinderamata yang diberikan kepada Pradi Supriatna yakni sebuah ukiran kayu rupa Rama atau Ramacandra, seorang raja legendaris yang terkenal dari India.

“Itu cinderamata (ukiran) raja Rama, yang menandakan jiwa pemimpin yang mengayomi. Filosofinya, sifat pemimpin yang mengayomi dan merakyat. Memang sifat pak Pradi seperti itu, makanya saya pilih itu jadi cinderamata,” katanya kepada DEPOKBAGUS.COM

Armedi menjelaskan, sosok Rama dalam epos Ramayana Jawa, mempunyai fungsi bagi raja dan masyarakat Jawa.

Menurutnya, bagi raja Jawa, simbol tokoh Rama memiliki tiga fungsi utama. Yakni sebagai fungsi spiritual, legitimasi kekuasaan dan pencitraan.

“Sedangkan untuk fungsi masyarakat Jawanya, ada dua. Sebagai spiritual dan sebagai filosofis,” ujarnya.

Menanggapi pemberian itu, Pradi Supriatna mengucapkan apresiasinya kepada relawan CS Pradi-Afifah. Sebab, dirinya tahu betul makna dan filosofis cinderamata yang telah diberikan.

Untuk itu Pradi mengatakan, dirinya sangat berharap kepada seluruh elemen masyarakat agar selalu mengingatkan dirinya ketika menjabat nanti.

“Namanya manusia, itu punya sifat khilaf. Saya berharap seluruh masyarakat selalu mengingatkan saya nantinya. Mari sama-sama kita membangun Depok kearah yang lebih baik lagi. Depok bangkit,” pungkasnya.[]