DepokBagus.com
Community

RSUI Menerima Bantuan Ambulans dan Paket APD dari ILUNI UI

DEPOKBAGUS.COM, RS Universitas Indonesia (RSUI) menerima bantuan paket alat pelindung diri (APD) beserta vitamin, hand sanitizer, disinfektan, konsumsi, dan 1 unit ambulans dari Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) yang membentuk Satuan Gugus Percepatan COVID-19 bersama ILUNI Fakultas.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Koordinator Relawan Gugus Tugas COVID-19 sekaligus Ketua Umum ILUNI UI, Andre Rahadian kepada Plt. Direktur Utama RSUI, Dr. dr. Sukamto, Sp.PD,K-AI di Selasar Gedung Pusat Administrasi Umum, Kampus UI, Depok.

Selain sejumlah paket APD dan vitamin untuk tenaga medis RSUI yang menangani COVID-19, ILUNI UI Tanggap COVID-19 juga menyerahkan 1 unit mobil ambulans yang dapat digunakan RSUI selama masa darurat COVID-19 berlangsung.

“Semua biaya operasional ditanggung tim COVID-19, bensin, pemeliharaan mobil, perlengkapan, gaji supir semua beres, RSUI tinggal pakai saja.” ujar Andre Rahadian dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (12/4).

ILUNI UI berharap pemberian APD tersebut dapat memenuhi keterbatasan APD di RS serta membantu kelancaran tenaga medis dalam penanganan pasien COVID-19 dan ambulans dapat mendukung kerja tim RSUI dalam mengantar jemput pasien COVID-19.

RSUI sangat mengapresiasi kerja keras dan bantuan yang diberikan ILUNI UI, ILUNI Fakultas, dan ILUNI Wilayah melalui ILUNI UI Tanggap COVID-19 untuk rumah sakit yang saat ini memang sangat membutuhkan APD dan alat kesehatan tersebut.

Sementara itu Plt. Direktur Utama RSUI, Dr. dr. Sukamto, Sp.PD, K-AI menyampwikan rasa terimakakasih atas dukungan para alumni kepada tim medis yang berada di garis depan dan semoga tidak lelah untuk mendukung karena masih banyak petugas RS yang juga membutuhkan APD.

“Tentunya bantuan ambulans ini sangat bermanfaat bagi kami khususnya pada penanganan COVID-19 sehingga tidak bercampur dengan ambulans yang untuk pasien non-COVID,” katanya.

Dalam acara penyerahan tersebut, turut hadir juga mewakili Pimpinan UI, Sekretaris Universitas Indonesia, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc, Ph.D., Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset, Dr. Muhammad Luthfi Zuhdi, M.A., Kepala Badan Kerjasama Ventura dan Digital, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA, Direktur Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni, Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc., Ph.D, jajaran Direksi dan Manajer RSUI, serta Pengurus ILUNI UI.

Universitas Indonesia (UI) memberikan apresiasi yang tinggi untuk RSUI. Walau masih berusia 1 tahun dapat dengan cepat mempersiapkan tenaga dan juga fasilitas untuk perawatan bertekanan negatif untuk penanganan pasien COVID-19.

“RSUI telah mendapatkan kepercayaan dari Pemkot Depok sebagai RS yang didedikasikan untuk menangani COVID-19 di wilayah Kota Depok. Bahkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah meminta RSUI untuk menjadi salah satu RS rujukan wilayah Jawa Barat.” terang dr. Agustin.

RSUI berharap dengan semakin banyaknya dukungan dari berbagai pihak, baik berupa pemenuhan APD maupun alat kesehatan yang diperlukan untuk penanganan COVID-19, RSUI semakin dapat meningkatkan pelayanan optimal bagi penderita COVID-19 yang membutuhkan perawatan.[]

Related posts