DepokBagus.com
Ragam Depok

UI Peduli Bencana Terjun Langsung Ke Kabupaten Kampar Riau

DEPOK – Tim Peduli Tanggap Bencana Universitas Indonesia (UI) menggelar bakti sosial bagi masyarakat terdampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang berlangsung pada tanggal 28 – 29 September 2019 di Desa Kualu dan Desa Tarai Bangun, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau.

Dalam pelaksanaannya di lapangan, Tim UI Peduli didukung sepenuhnya oleh Universitas Riau, PMI, dan Kodim 301 Pekanbaru.

Ketua Tim UI Peduli Albert Roring menuturkan, adapun tim UI Peduli Riau terdiri atas 13 orang. pelaksanaan kegiatan berpusat di Desa Kualu berupa penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan tersebut bekerja sama dengan Rumah sakit Universitas Riau dan Palang Merah Indonesia (PMI) setempat.

Tercatat sebanyak 120 pasien yang kebanyakan menderita gangguan pernapasan ditangani oleh tim. Sedangkan pada hari kedua, kegiatan dilakukan di Puskesmas Pembantu Desa Tarai, Kecamatan Tambang.

“Kami datang tidak hanya dengan ketulusan hati melainkan juga kami membawa inovasi. Tim UI Peduli Riau memberikan bantuan kebutuhan seperti Masker Maskit – karya inovatif mahasiswa UI, Oxycan, Lampu Emergency, dan Air Purifier. Masker Maskit merupakan salah satu karya inovatif mahasiswa UI yang cocok digunakan saat kita terpapar polusi. Masker ini memiliki kemampuan menyerap sekaligus mendegradasi polutan di udara secara maksimal.”ujarnya melalui rilis tertulis. Rabu (2/10/2019).

UI Peduli adalah Gerakan cepat tanggap bencana yang dilakukan UI untuk melaksanakan salah satu unsur tridharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian masyarakat.

“Perlu diketahui kegiatan ini sudah dilakukan dari tahun 2005 dan sudah menyalurkan bantuan kepada berbagai kejadian bencana di Indonesia, seperti tsunami Aceh, longsor Pandenglang, erupsi gunung di Bali, dan lain-lain, “tuturnya

Related posts