DepokBagus.com
Ragam Depok

Wabah Corona Momentum Bangkitkan Kembali Gotong Royong

DEPOKBAGUS.COM, Tokoh adat Betawi Kota Depok, Uwak Erwin mengatakan kejadian pandemi virus Corona (Covid-19) momentum membangkitkan kembali nilai gotong royong semua elemen masyarakat.

Uwak Erwin mengingatkan bahwa bangsa Indonesia terkenal dengan semangat gotong royong.

“Momen Corona ini, masyarakat harus bangkit kembali menjalankan spirit gotong royong, dipupuk kembali dan dilaksanakan dengan penuh kesadaran,” kata Uwak Erwin di Bella Casa Residence, Depok, Minggu (29/03).

Uwak Erwin yang juga ketua RT 02/08, kelurahan Tirtajaya mengatakan, pihaknya mengajak warga untuk membangkitkan kembali nilai-nilai gotong royong mencegah penularan virus Corona di kompleks perumahan Bella Casa.

“Kami bersama pengurus melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan 3 RT,” kata Uwak.

Sontak, warga pun spontan memberikan berbagai bantuan. Uwak membeberkan bentuk bantuan warga. Mulai donasi uang, makanan minuman, masker hand sanitizer, hand soap, dan masih banyak lagi.

“Alhamdulillah dari donasi spontan warga terkumpul lumayan lah..Kami terharu dan berterima kasih pada warga kami,” ungkap Uwak.

Uwak Erwin berharap warga agar melihat wabah Corona ini secara utuh. Menurutnya, persoalan ini tidak bisa diselesaikan dengan satu arah. Seluruh pihak mulai dari rakyat hingga pemerintah harus bersatu padu.

“Karena bila tidak, wabah ini dikhawatirkan bisa terus menyebar,” tukasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dalam berbagai kesempatan juga menekankan perlunya gotong royong masyarakat Indonesia dalam menghadapi wabah ini.

“Dalam kondisi seperti ini, inilah saatnya bekerja bersama-sama, saling tolong-menolong dan bersatu padu, gotong royong,” ujar Jokowi.[]

Related posts